Preview MGS V: Ground Zeroes Hasilkan Respon Positif!

mgs v ground zeroes gameplay
Kontroversi, kata yang satu ini memang tepat untuk menggambarkan apa yang tengah terjadi dengan proyek teranyar Kojima – MGS V: Ground Zeroes. Walaupun sudah mengkonfirmasikan eksistensinya sebagai prolog dari seri “sebenarnya” – MGS V: Phantom Pain yang memang berada dalam proses pengembangan, hal ini tidak menghalangi MGS V: GZ dari cercaan gamer selama beberapa minggu terakhir. Penyebabnya datang dari impresi yang dilemparkan oleh situs gaming – GameInformer, yang secara gamblang menyatakan bahwa game ini bisa diselesaikan hanya dalam waktu 2 jam. Untuk sebuah game yang dijual dengan harga “penuh”, ini tentu menjadi perlakuan yang sulit untuk diterima. Namun hal sebaliknya justru terjadi di media Jepang. Mereka memuji Ground Zeroes.
Kontroversi lama permainan yang sempat menyeret nama MGS V: GZ seolah ternetralisir begitu saja, setelah sebagian besar media yang ikut dalam event preview di Nasu, Jepang juga ikut melemparkan impresi mereka akan proyek next-gen Kojima ini. Sebagian dari mereka memang mengamini bahwa game ini bisa diselesaikan hanya dalam 90 – 120 menit, namun, Anda hanya akan mendapatkan persentase permainan sebesar 9-10% saja. Ada begitu banyak misi ekstra, log untuk cerita, dan gameplay yang dengan mudah menarik Anda untuk memainkan game ini berulang kali. Respon yang ditelurkan sangat positif, bahkan memuji semua hal yang baru yang berusaha disuntikkan Kojima di dalamnya.
Ada beberapa poin menarik yang membuat Ground Zeroes terasa next-gen dari beragam tweet resmi mereka yang ikut dalam event ini. Dazz Brown dari VG Resources menyoroti setiap objek yang kini bereaksi pada aksi Anda dan berpotensi menimbulkan suara. Tidak hanya itu saja, ia juga menemukan bahwa setiap pasukan musuh yang ia temui ternyata hadir dengan wajah berbeda satu sama lain, dan tidak pernah muncul untuk kedua kalinya. Sam Smith dari Play Magazine menyoroti pengurangan cut-scene yang kinidigantikan oleh audio log untuk menyempurnakan celah cerita yang ada. Cerita justru mengalir dari gameplay yang ada. Salah satu media bahkan menyebutkan bahwa permainannya selama 4 jam hanya memberikan kontribusi 10% dari total yang bisa Anda selesaikan.
Berbeda dengan reaksi dunia maya selama beberapa minggu terakhir, event preview MGS: Ground Zeroes di Jepang ternyata justru menghasilkan reaksi sangat positif.
Berbeda dengan reaksi dunia maya selama beberapa minggu terakhir, event preview MGS: Ground Zeroes di Jepang ternyata justru menghasilkan reaksi sangat positif.
Satu hal yang sangat menarik, hampir semua media yang hadir setuju akan satu hal: bahwa Anda harus memainkan Metal Gear Solid V: Ground Zeroes ini di Playstation 4. Membandingkannya dengan versi Xbox One, mereka mengungkapkan bahwa versi PS 4 tampil dengan visualisasi yang lebih memanjakan mata, detail,  dengan framerate lebih halus, dan tentu saja terasa lebih next-gen dibandingkan dengan versi konsol kompetitornya. Sesuatu yang memang sudah sempat diutarakan oleh Hideo Kojima sendiri beberapa waktu yang lalu.
Berbeda dengan reaksi dunia maya selama seminggu terakhir ini, event preview MGS V: Ground Zeroes ini benar-benar menghasilkan reaksi yang sangat positif. Semuanya memuji kerja keras Kojima, dengan serangkaian perubahan yang dianggap berhasil membuat seri MGS ini tampil lebih hidup dan mudah untuk dinikmati. Sebuah sudut pandang berbeda, yang tentu saja melegakan, termasuk kami yang sempat emosi mendengar waktu gameplay yang “hanya” 2 jam saja.

Metal Gear Solid V: Ground Zeroes siap meluncur pada 18 Maret 2014 mendatang, untuk Playstation 3, Playstation 4, Xbox 360, dan Xbox OneWill our faith be restored?

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Review The Last of Us – Left Behind: Bermain dengan Emosi!

Review Transformers – Fall of Cybertron: Lebih Epik, Lebih Keren!

Review Double Dragon Neon: Si Seri Klasik Kini Kembali!